Pengaruh Boneka Terhadap Peningkatan Kecerdasan Anak

Boneka merupakan salah satu mainan yang banyak digemari oleh semua orang, terutama oleh anak-anak dari usia balita sampai beranjak remaja. Menurut psikolog anak, Ajeng Raviando, salah satu permainan yang aman dan sesuai dengan usia dan keadaan psikologis anak adalah bermain boneka. Apalagi dengan menerapkan role play. Permainan role play bersifat imajinatif membuat anak bisa berbuat apapun dengan boneka. Misalnya, menempatkan boneka di sekolah. Nah, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda memberikan Boneka kepada Anak sebagai teman bermain. 

Saat bermain dengan boneka anak biasanya akan belajar untuk berimajinasi dan berbicara.  Bermain drama adalah salah satu langkah baik untuk meningkatkan kecerdasan bahasanya. Masih tentang boneka, bermain dengan boneka adalah sarana yang baik agar anak belajar  menyebutkan anggota tubuhnya seperti mata, mulut, kepala, kaki, dan sebagainya. Sehingga dalam hal ini kosakata anak akan bertambah.

Boneka membantu anak untuk mengetahui bagaimana caranya merawat orang lain. Anak-anak yang memperlakukan boneka seperti layaknya manusia akan paham bahwa boneka juga perlu digendong, dimandikan, diajak bicara, maupun diberi kehangatan. Sikap anak saat bermain boneka yang dapat membantu menumbuhkan empati ini akan berguna jika suatu hari ia memiliki adik baru. Dengan bermain boneka, anak juga belajar bagaimana caranya peduli pada orang lain. Selain itu ia belajar menjadi orang dewasa yang punya tanggung jawab menjaga orang yang lebih lemah darinya.

Membantu memakaikan baju boneka dapat melatih motorik anak lelaki dan perempuan. Hal itu juga dapat menumbuhkan kemandirian anak untuk dapat memakai bajunya sendiri karena ia telah berlatih caranya memakaikan baju untuk bonekanya.

Memandikan boneka membuatnya belajar caranya menjaga kebersihan tubuhnya sendiri. Apalagi jika orangtua membantu mengarahkan bagaimana caranya menyikat gigi, memakai shampoo, membersihkan tubuh dengan sabun, dan menggunakan handuk setelah mandi. Dengan cara ini anak akan belajar tentang kemandirian.

Boneka dapat dimainkan secara bersama-sama dalam kelompok. Anak akan saling berdiskusi membahas aktivitas dengan boneka masing-masing. Kadang-kadang anak-anak tersebut menyusun sebuah skenario peran masing-masing boneka untuk dimainkan bersama. Tidak jarang pula anak akan membuka komunikasi dengan ibu mengenai kondisi bonekanya.

Jika Anda tertarik untuk membelikan anak Anda boneka, baik untuk anak perempuan maupun laki-laki dengan model boneka yang unik, Anda bisa membelinya di Pusat Grosir Boneka Murah Indonesia. Harga yang bisa Anda dapatkan jika Anda membeli di Grosir Boneka tentu saja akan lebih murah. Karena harga Grosir Boneka merupakan harga satuan termurah yang bisa Anda dapatkan hanya ketika Anda membelinya dalam jumlah banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Bilangan Kompleks Pada Pemrograman MATLAB

Kinerja Pengrajin Boneka Dalam Penerapan Standar Nasional Mainan Anak